CALL/ SMS / WHATS APP :0882- 2726 - 2126/ 0856 - 4700 - 0072   |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Tips Menyimpan Buku di Rumah

Posted : 07-04-18

Bagi Anda pecinta buku, Pernah tidak Anda kalap membeli buku baru saat melewati toko buku kesayangan karena spontanitas semata? Dorongan untuk terus membeli terkadang tidak sejalan dengan jumlah ruang yang tersedia di rumah untuk menyimpan semua buku tersebut. Setiap pecinta buku pasti memiliki keinginan untuk memiliki ruang yang nyaman untuk menyimpan dan membaca semua buku yang dimiliki dengan tenang.

Tahukah Anda, koleksi buku dapat dimanfaatkan untuk menjadi elemen artistik dalam dekorasi rumah. Perencanaan ini akan mencegah tumpukan buku yang berantakan di sudut rumah. Rumah yang rapih dan bersih akan membawa kedamaian dan ketenangan untuk penggunanya. Semoga Anda terinspirasi dengan ide-ide pintar dan menarik untuk penyimpanan buku berikut ini.

 

Pemisah / Pembatas Ruang

 

Foto: dezeen

 

Rak buku adalah pemisah ruang yang sempurna untuk menciptakan ruang terbuka dalam rumah. Sering kali penggunaan tembok atau partisi sebagai pemisah ruang menciptakan kesan kecil, gelap, dan panas. Hal ini terjadi karena material yang solid menghalangi pandangan visual, cahaya, serta aliran udara. Rak buku dengan bukaannya memungkinkan pembedaan fungsi ruang dengan mempertahankan kualitas ruang yang terbuka, lapang, terang, dan nyaman.

 

Sepanjang Lorong

Foto: homedit

 

Hanya dengan memanfaatkan beberapa centimeter dari lorong rumah, Anda dapat menambah ruang yang signifikan untuk penyimpanan buku dengan instalasi rak di sepanjang lorong. Lorong adalah ruang sirkulasi pergerakan yang tidak akan bertabrakan dengan fungsi lain seperti kamar tidur atau ruang keluarga. Sehingga, penempatan rak buku di lorong membuka kesempatan untuk mengatur perletakan furnitur di ruang lain dengan lebih bebas.

 

Pemanfaatan Tangga

 

Foto : arquitetura&construcao

 

Satu lagi ruang sirkulasi pergerakan yang dapat dimanfaatkan adalah tangga. Tangga sebagai sirkulasi vertikal menyimpan banyak ruang kosong di bawahnya yang dapat dimanfaatkan sebagai rak buku. Kesan rapih dan bersih dapat tercipta dengan menyembunyikan koleksi buku di balik pintu lemari. Sementara, untuk yang senang memamerkan koleksinya, pilihlah instalasi rak terbuka.

 

Sudut Baca Dekat Jendela

Foto: mydomain

 

 

Bila terdapat ruang lebih di tempat bersantai keluarga, memiliki sudut baca yang nyaman di samping jendela adalah suaka baca untuk setiap pecinta buku. Bagian bawah sofa baca juga dapat dijadikan tempat penyimpanan buku. Manfaatkanlah setiap ruang yang tersedia dengan pintar untuk menjadikannya indah dan fungsional.

 

Barang Daur Ulang

Foto: restnova

 

 

Jangan membuang piano tua dan tangga kayu yang sudah berdebu itu. Dengan beberapa perbaikan sederhana, seperti aplikasi coating dan cat untuk menyesuaikan warna atau membuat kontras dengan dekorasi ruangmu, barang-barang daur ulang ini dapat menjadi design statement tersendiri.

 

Tangga Ranjang Susun

Foto: hgtv

 

 

Tangga untuk naik ke ranjang susun dapat dimanfaatkan untuk menyimpan koleksi buku anak Anda.

 

Galeri di Kamar Anak

Foto: sifu

 

Sampul buku anak adalah karya seni yang memukau. Daripada menyimpannya dalam tumpukan, mengapa tidak membuatnya menjadi sebuah pajangan? Rak buku dengan lebar 10-15cm memungkinkan untuk memamerkan koleksi buku anak dengan sampul beraneka warna dan bentuk. Ini dapat membantu anak Anda memilih buku apa yang hendak mereka baca sebelum tidur.

 

 

 

 

 

Sumber: https://blog.bluprin.com/gemar-membaca-simak-tips-menyimpan-buku-di-rumah


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: