CALL/ SMS / WHATS APP :  0856-4700-0072 /  0895-3916-18898  |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Model Jendela Minimalis Yang Membuat Rumah Makin Kece

Posted : 20-03-18

Sebuah hunian akan tampak tidak lengkap tanpa kehadiran salah satu elemen dasarnya yaitu jendela. Model jendela rumah bisa sangat menentukan penampilan dan kecantikan sebuah rumah, dari tampilan eksterior maupun interiornya. Kini, ragam model jendela rumah dapat kita temui di mana saja, salah satunya model jendela minimalis.

Berikut ini model jendela minimalis yang bisa dijadikan inspirasi untuk membuat rumah makin keren.

  1. Model Jendela Minimalis Lengkung Klasik dan Romantis

pinterest.com

Model jendela minimalis ini memiliki efek indah untuk sisi interior sebuah rumah secara langsung. Bentuk model jendela minimalis ini juga bisa dikondisikan supaya menonjol ke luar sehingga lebih banyak ruang gerak yang akan dimiliki di dalam rumah. Rumah-rumah di Eropa banyak yang menggunakan model jendela minimalis ini karena kesannya yang klasik dan juga biasanya dipadukan dengan tipe-tipe gorden jendela yang klasik.

pinterest.com

Model jendela minimalis ini cocok jika diaplikasikan pada rumah-rumah yang memiliki tema interior klasik yang elegan dan mewah, seperti rumah bergaya Eropa. Paduan ini akan menambah kesan cantik dan elegan dari sebuah rumah dan juga tentunya paduan dengan model jendela minimalis ini akan lain daripada yang lain.

 

  1. Model Jendela Minimalis Double Hung

tinyspacesliving.com

Model jendela minimalis double hung adalah model jendela minimalis yang sangat populer di luar negeri. Namun, model jendela minimalis ini kini juga sudah mulai menjadi tren di perumahan masyarakat Indonesia. Model jendela minimalis double hung cenderung praktis karena menggabungkan dua buah kaca jendela di dalam sebuah frame sehingga memiliki kesan yang lebih dinamis.

Penggunaannya digeser ke bawah atau ke atas, terdapat sekat sehingga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan energi di dalam rumah seperti mengunci hawa panas atau dingin.

pinterest.com

Model jendela minimalis double hung sudah ada cukup lama dan dapat dijadikan inspirasi model klasik favorit pada hunianmu. Sebenarnya model jendela minimalis ini juga dapat menggunakan satu layer jendela saja. Biasanya diterapkan pada model rumah yang minimalis sehingga tidak memerlukan dua kaca jendela untuk menghidupkan model jendela minimalis dengan model hung ini.

 

  1. Model Jendela Minimalis Transom

pinterest.com

Pada model ini, daun jendelanya dapat dibuka selebar yang kita inginkan dan jendela otomatis akan tertahan. Model jendela minimalis jungkit ini praktis dan lebih fleksibel dan sangat cocok ditempatkan di berbagai area di rumah, termasuk juga untuk sebuah ruangan yang tinggi maupun rendah seperti kamar mandi atau toilet.

 

  1. Model Jendela Minimalis Lipat/Bi-fold

pinterest.com

Ada suatu keunikan yang dimiliki dari model jendela minimalis layar lipat ini. Model jendela minimalis ini selain cocok untuk dijadikan inspirasi dalam memilih jendela, juga tidak akan menyimpan debu ataupun bulu-bulu hewan peliharaan yang kamu punya. Layar lipat yang ada pada model jendela minimalis ini juga berguna untuk memisahkan ruangan dalam satu ruang meskipun tidak berada di jendela minimalis, menjadi semacam sekat dalam ruangan.

 

  1. Model Jendela Minimalis Stationary

google.com

Berbeda dengan beberapa desain-desain jendela minimalis yang ada di atas, model jendela minimalis statis ini tidak memiliki bukaan sama sekali. Sesuai dengan namanya, model jendela minimalis statis lebih bersifat dekoratif dan sangat cocok ditempatkan di sudut-sudut ruangan.

Model jendela minimalis ini sangat memiliki kesan yang elegan, biasanya diletakkan pada ruangan-ruangan yang cukup tinggi dan juga cukup untuk memberikan penerangan pada suatu ruangan.

hgtv.com

Umumnya, model jendela minimalis ini merupakan bagian dari rumah dengan arsitektur kontemporer, karena model jendela minimalis inni merupakan salah satu solusi pencahayaan yang paling strategis dan juga menambah kesan elegan pada sebuah hunian.

 

  1. Model Jendela Minimalis Frosted Window

pinterest.com

Frosted window dirancang untuk diterapkan pada jendela hunian supaya memberikan tampilan kaca buram dan memberikan sedikit lebih privasi. Model jendela minimalis ini dapat dengan mudah kita jumpai di rumah-rumah kontemporer. Umumnya diletakkan di kamar mandi juga pada sudut-sudut kamar. Perawatannya pun tergolong jauh lebih mudah. Misalnya menggunakan kertas buram yang ditempel maupun dengan semprotan khusus untuk membersihkannya.

 

  1. Model Jendela Minimalis Geser

Mungkin kita sudah umum dengan model jendela minimalis geser ini karena memang kepraktisan dan efisiensi yang diberikannya sangat tidak memakan banyak ruang dan sangat memudahkan para penggunanya. Bukan hal yang mengherankan lagi bila di Indonesia model jendela minimalis ini masih menjadi salah satu pilihan model jendela minimalis yang jadi favorit.

pinterest.com

Jendela yang satu ini umumnya digeser searah horizontal dan menumpuk pada sisi kaca yang lainnya. Model jendela minimalis inilah salah satu pilihan yang cocok untuk diterapkan pada tipe-tipe rumah dengan desain interior modern dan kontemporer.

 

  1. Model Jendela Minimalis Stained Glass

google.com

Di Indonesia, salah satu sebutan untuk model jendela minimalis stained glass ialah kaca patri. Model jendela minimalis ini merujuk pada sebuah model jendela dengan kaca yang berwarna. Kaca pada model jendela miniimalis ini dibuat dengan cara menambahkan garam metalik pada saat pembuatannya untuk memberikan sebuah warna dan ditambahkan beberapa potongan kaca kecil yang disusun membentuk pola atau gambar.

Model jendela minimalis ini dapat dengan mudah ditemukan di hunian-hunian dan tempat ibadah di Eropa, bahkan nilai sejarahnya yang tinggi karena model jendela minimalis ini sudah ada sejak abad pertengahan akhir.

Itulah beberapa model jendela minimalis unik yang bisa buat tampilan rumahmu makin kece. Yang mana nih, yang ingin diterapkan di rumah?

 

 

 

Sumber: https://www.dekoruma.com/artikel/63385/model-jendela-minimalis


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: