CALL/ SMS / WHATS APP :  0856-4700-0072  |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

4 Tips Merawat Cat Rumah Dinding Anda Agar Tidak Mudah Rusak

Posted : 22-02-21

4 Tips Merawat Cat Rumah Dinding Anda Agar Tidak Mudah Rusak

Mendesain rumah tentu menjadi kegiatan menyenangkan terutama bagi anda yang ingin memiliki rumah impian anda bukan. Tentunya ketika anda mendesain rumah, anda akan disibukkan dengan beberapa hal yang mungkin akan membuat anda kewalahan. Salah satunya adalah adalah pemilihan cat rumah. 

Tips merawat cat rumah dengan tepat 
 
Jika anda ingin mendapatkan cat tembok yang awet maka anda bisa mempertimbangkan untuk memilih cat rumah yang bagus. Biasanya cat yang berkualitas ini memiliki karakter mudah diserap oleh dinding dibandingkan dengan cat yang tidak berkualitas. Tak sampai disitu saja, jika anda sudah mengaplikasikan cat rumah anda, anda juga harus memberikan perawatan yang ekstra agar cat dinding anda tersebut tidak mudah pudar ataupun mengelupas. 
 
Inilah pentingnya untuk mengetahui tips merawat cat rumah anda. Jika anda belum tahu cara merawat cat dinding dengan tepat maka anda bisa menyimak tips dibawah ini segera
 
1. Bersihkan terlebih dahulu permukaan yang akan di cat 
 
Jika anda ingin memiliki cat dinding yang awet dan tahan lama maka anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengecat dinding yang benar dan tepat terlebih dahulu. Hal ini mungkin banyak diremehkan oleh sebagian besar orang. Karena mereka terlalu semangat untuk memiliki dinding rumah impian mereka. 
 
Sebelum anda memutuskan untuk melakukan pengecatan maka sebaiknya anda memastikan jika dinding yang akan dicat tersebut sudah bersih tanpa adanya noda ataupun debu yang tebal. Hal ini bukan tanpa alasan karena debu atau kotoran yang menempel tersebut membuat cat tidak bisa menempel dengan baik sehingga akan lebih mudah untuk mengelupas. 
 
Lain halnya jika dinding rumah anda sudah berlumut maka sebaiknya anda bisa menyiramkan dengan menggunakan cairan kaporit. Cairan ini ternyata dapat membantu anda untuk membunuh benih jamur. 
 
2. Pastikan dinding sudah dalam keadaan kering 
 
Jika anda sudah membersihkan jamur ataupun lumut yang menempel pada dinding yang akan dicat maka berikutnya anda harus memastikan jika dinding tersebut sudah kering. Hal ini tidak lain adalah untuk membuat cat dinding rumah anda lebih tahan lama dan awet. Jika belum kering, sebaiknya anda bisa menunggunya hingga kering. Jangan paksakan mengecat dalam keadaan dinding basah. 
 
3. Bagaimana cara mengaplikasikan cat 
 
Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan cata pada dinding rumah anda. Sebaiknya anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan cat pelapis tipis terlebih dahulu. Dengan adanya lapisan cat tipis inilah bisa bertujuan agar warna cat utama bisa lebih kuat dan tahan lama.
 
Tak hanya itu, anda juga sebaiknya menunggu hingga warna cat tersebut kering. Tips dalam melakukan pengecatan rumah sebaiknya anda menghindari untuk mengecat rumah ketika cuaca tengah mendung karena jika hujan maka bisa mengenai cat tembok anda terutama jika anda mengecat dinding rumah bagian luar. Apabila sudah terkena air hujan maka akan membuat cat tidak merekat dengan sempurna. 
 
4. Sesuaikan cat dengan bahan dinding
 
Agar cat yang anda miliki dapat bertahan lama maka usahakan untuk memilih cat dinding sesuai dengan bahan dinding. Cat untuk dinding tembok tentu berbeda dengan cat dinding kayu. Hal ini tidak lain karena biasanya cat dinding tembok memiliki tekstur yang lebih tebal untuk melapisi semen agar tertutup dengan sempurna. 

 

 


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: