CALL/ SMS / WHATS APP :  0856-4700-0072  |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Tekstur Lantai

Posted : 20-11-20

Jangan Salah, Pilih Tekstur Lantai Harus Sesuai Ruangan, Lho!

 

 
Lihat ke www.dekoruma.com

Aneka Tekstur Lantai Berdasarkan Ruangan

Pada saat memilih lantai, sebaiknya kamu tidak hanya mementingkan desain dan warnanya saja, tapi juga kualitasnya yang baik. Hal ini karena lantai harus kuat menahan beban dan anti gores. Selain itu, tekstur lantai yang digunakan juga harus memberikan kenyamanan untuk kaki orang yang lalu-lalang di atasnya.

 

Tekstur lantai untuk masing-masing ruangan biasanya berbeda, tergantung dari kondisi air, udara, dan kegiatan yang dilakukan di sana. Nah, supaya kamu tidak keliru dalam memilih tekstur lantai yang tepat untuk masing-masing ruangan di rumah, berikut ini Kania akan membahas aneka tekstur lantai berdasarkan ruangannya. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Tekstur Lantai untuk Kamar Mandi

jenis tekstur lantai pada kamar mandiwearefound.com

Pada umumnya, kamar mandi merupakan area yang selalu basah. Apabila salah melangkah, orang bisa terpeleset. Oleh karena itu, tekstur lantai yang paling tepat untuk kamar mandi adalah tekstur yang kasar. Tekstur lantai ini terdapat pada permukaan keramik batu alam, tapi sayangnya batu alam ini mudah dilumuti sehingga kamu butuh tenaga dan waktu ekstra untuk menyikatnya.

Sebagai alternatif lain, carilah tekstur lantai berupa keramik khusus kamar mandi. Permukaan keramik ini biasanya dibuat dengan motif berkontur dan kasar. Meski begitu, tekstur lantai akan tetap terasa nyaman dipijak. Ketika lantai basah, risiko terpeleset pun menjadi lebih kecil.

 

Tekstur Lantai untuk Dapur

tekstur lantai yang diaplikasikan pada dapurhgtv.com

Lantai dapur rentan terkena cipratan minyak, noda makanan, dan tetesan air sabun. Bahayanya, terkadang cipratan tersebut tidak terlihat sehingga orang-orang yang melewatinya bisa terpeleset. Akan sangat berisiko jika terpeleset di dapur karena bisa menyenggol kompor yang sedang menyala dan menjatuhkan minyak panas.

Oleh karena itu, tekstur lantai yang paling pas untuk dapur adalah tekstur lantai yang keset. Tekstur lantai ini sangat nyaman untuk dipijak dan juga mudah dibersihkan dari cipratan minyak atau noda makanan.

 
 

Tekstur Lantai untuk Kamar Tidur

tekstur lantai yang tepat untuk kamar tidurberryalloc.com

Kebanyakan orang tidak menggunakan alas kaki di dalam kamar tidurnya. Dengan demikian, tekstur lantai pada kamar tidur tidak boleh kasar atau terlalu berkontur. Pilihlah tekstur lantai yang halus dan lembut.

Jika ingin menciptakan kesan yang lebih elegan, kamu juga bisa menggunakan tekstur lantai yang sedikit mengkilap. Bila perlu, manfaatkan karpet untuk melapisi lantai. Hindari penggunakan ubin untuk kamar tidur karena mudah terpengaruh oleh suhu dingin sehingga tidak nyaman untuk dipijak kaki.

Tekstur Lantai untuk Ruang Tamu

tekstur lantai yang diaplikasikan pada ruang tamupinterest.com

Untuk bagian ruang tamu, tekstur lantai bisa dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan. Apabila tamu perlu melepaskan alas kaki saat memasuki rumah, sebaiknya gunakan tekstur lantai yang lembut dan hangat, misalnya tekstur lantai dari material kayu.

Apabila kamu mengizinkan tamu masuk ke dalam rumah dengan menggunakan alas kaki, penggunaan tekstur lantai yang licin seperti pada permukaan ubin atau keramik tidak menjadi masalah. Setelah menentukan tekstur lantai yang pas, kamu bisa memilih warna dan motif yang tepat untuk mempercantik interior ruang tamu.

Tekstur Lantai untuk Garasi

tekstur lantai yang tepat untuk garasi mobilxpeditecoatings.com

Garasi digunakan untuk memarkirkan mobil, motor, dan juga sepeda. Selain harus kuat menopang bobot ratusan kilogram, tekstur lantai pada garasi mobil juga harus kasar supaya kendaraan tidak mudah tergelincir. Apalagi jika tanah pada garasimu dibuat miring, harus hati-hati saat memilih pelapis tekstur lantai, ya!

Untuk mendapatkan tekstur lantai garasi yang kasar, kamu bisa memanfaatkan batu alam, paving block, atau membuat lapisan sendiri dari semen dan bebatuan. Ban kendaraan selalu membawa kotoran tanah dan debu jalanan, jadi usahakan untuk memilih warna gelap untuk lantainya, ya!

Selain itu, supaya tekstur lantai yang kasar bisa bekerja dengan maksimal, kamu harus rutin menyikatnya. Singkirkan lumut dan kerak kotoran yang menempel di bagian tekstur lantai menggunakan sikat panjang.

Demikian informasi mengenai pemilihan tekstur lantai yang sesuai dengan masing-masing ruangan di dalam hunian. Setelah memilih tekstur lantai yang tepat, jangan lupa sesuaikan juga motif dan warnanya sesuai dengan gaya interior hunian, ya!

Sumber https://www.dekoruma.com/artikel/89761/tekstur-lantai-sesuai-ruangan


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: