CALL/ SMS / WHATS APP : 0812-2955-547 / 0856 - 4700 - 0072   |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Tips Membuat Rumah Tampak Lebih Rapi bagi Anda yang Super Sibuk

Posted : 27-08-19
Penataan rapi dengan rak penyimpanan ekstra di rumahCipete House karya  Inspiratio (Sumber: arsitag.com)
 

 

Aktivitas yang padat seharusnya tidak menjadi penghalang untuk membuat rumah Anda tampil rapi bila Anda menjalankan beberapa tips berikut ini. Rumah yang bersih dan rapi merupakan idaman setiap orang. Namun padatnya aktivitas terkadang membuat kita tidak memiliki waktu untuk merapikan semua kekacauan yang ada dalam rumah.  Jika demikian, Anda memerlukan strategi khusus untuk dapat rapi-rapi rumah meskipun Anda terkendala keterbatasan waktu. Satu hal lagi, Anda cukup menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit untuk setiap tips dan pastikan untuk melakukan semua hal ini secara berkala.

Merapikan Majalah, Katalog, Buku, dan Tumpukan Kertas


Tips merapikan rumah dengan memilah kertas, majalah, dan buku yang tidak terpakai  (Sumber: stories.cromly.com)

Tips merapikan rumah dengan memilah kertas, majalah, dan buku yang tidak terpakai (Sumber: stories.cromly.com)
 

 

Kumpulkan semua majalah, katalog, kertas, dan buku-buku yang bertebaran di atas meja, lemari, ataupun dekat komputer Anda. Atur semua buku di rak buku yang tersedia. Sisihkan semua majalah, katalog, dan tumpukan kertas seperti surat undangan, surat pemberitahuan, dan nota-nota untuk didaur ulang. Ingat, hal ini harus selesai dalam waktu 10-15 menit, jadi fokuslah pada tumpukan yang dapat dengan mudah dibereskan. Apabila Anda melakukan hal ini secara berkala, semua tumpukan kertas dan majalah tadi akan menghilang.

 

Donasikan Pakaian yang Tidak Terpakai
Lemari pakaian yang tertata rapi (Sumber: apartmenttherapy.com)

Lemari pakaian yang tertata rapi (Sumber: apartmenttherapy.com)
 

 

Tips merapikan rumah yang selanjutnya berhubungan dengan isi lemari pakaian Anda. Siapkan sebuah kantong dan evaluasi isi lemari pakaian. Dalam waktu kurang dari 15 menit, sisihkan semua pakaian yang sudah tidak pas ukurannya, tidak Anda sukai, dan tidak terpakai lagi. Lalu masukkan ke dalam kantong. Anda bisa mendonasikan semua pakaian ini kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

 

Bersihkan Meja Dapur
Simpan peralatan dapur dalam lemari tertutup (Sumber: pinterest.com)

Simpan peralatan dapur dalam lemari tertutup (Sumber: pinterest.com)
 

 

Berapa banyak peralatan masak yang berserakan di atas meja dapur Anda? Tips merapikan rumah berikutnya berkaitan erat dengan dapur Anda. Seleksi semua benda yang ada di atas meja dapur seperti blender, oven, mixer, satu set pisau, dan kotak tisu. Tentukan peralatan apa saja yang paling sering Anda gunakan setiap harinya.  Untuk memberikan kesan rapi dan lega, simpan semua peralatan yang jarang digunakan di dalam lemari atau kabinet.

 

Buang Semua Barang yang Tidak Dibutuhkan
Membuang barang yang tidak dibutuhkan (Sumber: thespruce.com)

Membuang barang yang tidak dibutuhkan (Sumber: thespruce.com)
 

 

Dari sekian banyak barang yang ada di dalam rumah dan bertebaran di atas meja, lemari, dan di dalam kotak penyimpanan, berapa banyak barang yang sebenarnya Anda butuhkan? Ada satu prinsip yang bisa Anda pegang ketika memutuskan untuk menyimpan atau membuang sebuah benda. Simpanlah semua benda yang memiliki setidaknya 2 dari 3 nilai berikut, yaitu fungsional, estetis, dan sentimental. Benda-benda yang tidak memenuhi prinsip tersebut bisa Anda buang, donasikan, atau dimanfaatkan untuk tujuan lain. Tips merapikan rumah ini juga dapat membantu Anda dalam menciptakan sebuah rumah minimalis.

 

Bangun Kebiasaan untuk Meletakkan Benda di Tempat Seharusnya
Tips merapikan rumah dengan meletakkan barang di tempat seharusnya (Sumber: lifehacker.com)

Tips merapikan rumah dengan meletakkan barang di tempat seharusnya (Sumber: lifehacker.com)
 

 

Salah satu hal buruk yang membuat ruangan rumah terlihat berantakan adalah kebiasaan pemilik rumah tidak meletakkan barang-barang yang telah digunakan ke tempat seharusnya. Contohnya adalah buku yang hanya diletakkan di atas meja setelah selesai membaca, pakaian kotor yang hanya diletakkan di sudut ruangan, ataupun peralatan tulis yang tidak dimasukkan ke tempatnya. Kebiasaan buruk itu akan membuat isi rumah menjadi berantakan. Anda perlu segera menghentikan kebiasaan buruk ini dan melakukan hal lain yang lebih baik. Biasakan diri untuk mengembalikan benda-benda yang sudah Anda pakai ke tempat seharusnya. Sebagai contoh, letakkan semua pakaian kotor ke keranjang khusus, simpan kembali buku yang sudah Anda baca di rak buku, dan pastikan untuk membereskan meja kerja setelah Anda selesai.

 

Menyisihkan waktu khusus untuk merapikan rumah memang menuntut komitmen. Sebuah kebiasaan akan mudah dilakukan apabila sudah otomatis rutin dilakukan setiap hari. Cobalah membuat target jangka pendek agar Anda berhasil menyelesaikan rapi-rapi rumah. Ajak anggota keluarga lainnya untuk beberes bersama agar lebih semangat. Anda akan merasakan keseruan menemukan barang-barang lama yang ternyata pernah Anda beli sebelumnya. Atau bahkan bisa bernostalgia. Selamat menikmati setiap prosesnya!


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: