CALL/ SMS / WHATS APP : 0812-2955-547 / 0856 - 4700 - 0072   |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Simak 4 Tips Ini Untuk Menciptakan Ruang Kerja Yang Nyaman Di Rumah

Posted : 22-08-19
   

Memiliki jam kerja 9-6 dan harus pergi ke kantor setiap harinya tak jarang membuat para pekerja merasa jenuh. Jalanan yang macet di pagi hari, suasana kantor yang kaku, apalagi ditambah dengan pekerjaan yang menumpuk juga bisa menjadi salah satu alasan seseorang bisa mengalami stress saat bekerja. Karena hal itulah kini banyak orang yang memilih pergi ke co-working space ataupun coffee shop untuk bekerja. Suasana yang lebih nyaman, tidak kaku, waktu yang fleksibel, dan tambahan musik relaksasi diyakini dapat membuat fokus dan produktivitas seseorang meningkat.

Bekerja kini memang tidak harus selalu di kantor. Selain banyaknya co-working space dan coffee shop yang saat ini dibuat lebih mengakomodir para pekerja untuk melakukan pekerjaan dengan berbagai fasilitas pendukung, kantor zaman sekarang pun juga sudah memberikan keleluasaan pada karyawannya untuk bekerja dari rumah atau sering disebut dengan remote working.

Saat ini memang sudah banyak rumah yang dilengkapi dengan ruang kerja. Jika kalian ingin membuat ruang kerja sendiri di rumah, simak 4 tips berikut ini untuk ciptakan ruang kerja yang nyaman di rumah!

 

  1. Buat Desain yang Sesuai Dengan Ukuran Ruang

Source: instagram.com

Salah satu keuntungan memiliki ruang kerja sendiri di rumah adalah kalian bisa dengan leluasa mendesain ruang kerja dengan desain impian kalian. Namun sebelum mendesain, ukur terlebih dahulu luas ruangan yang akan dijadikan ruang kerja. Perhatikan juga posisi jendela, pintu, instalasi listrik, lampu, dan kabel telepon. Setelahnya, barulah kalian bisa membuat denah dan desain ruang kerja kalian.

Untuk mendapatkan inspirasi desain ruang kerja yang bisa kalian terapkan, kalian bisa mulai mencari referensinya di internet. Beberapa desain ruang kerja yang umum diterapkan adalah desain ruang kerja monokrom, dan desain ruang kerja minimalis.

2. Pilih Furnitur dan Aksesoris yang Sesuai

Source: blog.megannielsen.com

Setelah ruang kerja selesai dibangun, kini saatnya mengisi ruang kerja dengan furnitur. Untuk ruang kerja minimalis, pilihlah beberapa furnitur yang memang sangat dibutuhkan saja, seperti meja kerja, kursi kerja, dan lemari atau rak penyimpanan. Namun jika kalian memiliki ruang kerja yang lebih luas, kalian bisa menambahkan kursi santai dan meja samping, atau bahkan menambahkan sofa yang bisa kalian gunakan untuk menerima tamu.


Source: brit.co

Selain furnitur, kalian juga bisa menambahkan aksesoris pada ruang kerja. Kalian bisa meletakkan lukisan, foto keluarga, karpet, sampai tanaman hias. Beberapa jenis tanaman hias bisa kalian tempatkan di sudut ruang atau tanaman hias yang bisa kalian letakkan di meja kerja seperti terrarium atau kaktus mini.

3. Gunakan Pencahayaan Alami

Source: themasculinedesign.tumblr.com

Tips menciptakan ruang kerja yang nyaman di rumah salah satunya juga bisa diwujudkan dengan mempertimbangkan pencahayaan alami. Usahakan untuk menempatkan meja kerja di dekat jendela. Selain membuat ruang kerja lebih sehat karena tersinari cahaya matahari, memiliki ruang kerja dengan pencahayaan alami juga dapat menghemat pengeluaran listrik kalian. Kalian juga bisa menambahkan gorden pada jendela, sehingga jendela bisa kalian tutup pada malam hari. Kalaupun kalian menggunakan lampu, pilihlah lampu berwarna putih, sebab lampu berwarna kuning dapat membuat mata perih ketika terlalu lama menatap layar komputer.

4. Pilih Kursi Kerja yang Nyaman

Source: interiorgod.com

Salah satu kunci kenyamanan pada saat bekerja adalah memiliki kursi kerja yang sesuai. Pilihlah kursi kerja dengan bentuk yang menyesuaikan dengan bentuk tubuh. Selain itu, pilih juga kursi kerja yang memiliki sandaran punggung dan sandaran tangan yang pas, serta kaki beroda agar pergerakan kalian tetap nyaman. Harga kursi kerja memang tidak murah, tapi manfaatnya sangat berpengaruh lho terhadap produktivitas kerja dan kesehatan tubuh.

Sumber : https://fabelio.com


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: