CALL/ SMS / WHATS APP :  0856-4700-0072 /  0895-3916-18898  |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

9 Tips Desain Interior Untuk Rumah Minimalis

Posted : 10-08-19

Seperti namanya, rumah dengan desain minimalis tidak menyediakan terlalu banyak ruang bagi sang penghuni / pemilik rumah untuk menata furniture di dalam rumah. Namun, dengan penataan yang sesuai, rumah minimalis dapat menjadi istana yang indah dan nyaman sebagai tempat beristirahat.

Berikut tips dalam mendesain interior rumah minimalis agar terlihat luas dan nyaman dihuni, yakni :

1. Pemilihan Tema

Dengan memilih tema untuk rumah berdesain minimalis, tahap penataan dan pemilihan furniture akan menjadi lebih mudah. Tema ini bisa menjadi tema per ruangan atau tema untuk semua ruangan pada rumah minimalis. Penentuan tema bisa merupakan tema warna atau jenis furniture yang diinginan pemilik / penghuni.

2. Tata Ruangan Secara Bergantian

Menata rumah secara keseluruhan akan menjadi lebih sulit untuk dikerjakan tanpa bantuan konsultan / kontraktor. Maka sebaiknya, penataan rumah dilakukan secara bergantian untuk tiap ruangan sehingga penataan rumah dapat berjalan dengan lebih fokus dan teratur serta efisien.

3. Pilih Furniture Fungsional dan Efisien

Selain berdasarkan tema yang telah dipilih, furniture harus dipilih berdasarkan fungsinya. Furniture yang lebih fungsional pastinya akan memiliki manfaat lebih besar. Akan lebih baik lagi jika memilih furniture yang multifungsi sehingga lebih efisien karena akan dapat menyisakan banyak ruang.

4. Singkirkan Benda yang Tidak Fungsional

Selain tidak berguna, benda yang kurang fungsional dapat membuat rumah minimalis menjadi terlihat penuh dan sempit. Oleh karena itu, pastikan hanya furniture yang bermanfaat saja yang ada di dalam ruangan. Kemudian untuk furniture fungsional untuk dinding dan lantai maka sisakan hanya satu atau dua hiasan, sehingga dinding dapat terlihat lebih luas. Pastikan juga bahwa di lantai tidak ada barang yang menumpuk / saling menutupi satu sama lain, karena selain dapat mengurangi nilai estetika / keindahan, barang-barang itu juga dapat menyebabkan ruangan terlihat berantakan dan terkesan lebih sempit.

5. Pilih Furniture Dengan Desain Indah / Unik

Pemilihan furniture dengan nilai estetika / keindahan tinggi akan membuat ruangan menjadi lebih indah. Dengan memilih furniture yang indah dan juga unik, ruangan tidak memerlukan banyak hiasan karena furniturenya sendiri sudah merupakan hiasan yang memiliki nilai estetika yang tinggi.

6. Gunakan Hiasan pada Beberapa Sudut Ruangan

Walau tidak memiliki fungsi yang berarti, hiasan seperti pot atau vas bunga dapat berfungsi sebagai aksen bagi ruangan di rumah berdesain minimalis. Pastikan juga hiasan yang dipilih sesuai dengan tema tiap ruangan.

7. Pilih Warna yang Lembut dan Tidak Mencolok

Warna yang lembut akan menimbulkan kesan yang lebih nyaman bagi ruangan. Penggunaan warna yang mencolok dan berani bisa digunakan sebagai aksen, namun usahakan tidak terlalu dominan dalam penataan ruang. Kombinasi warna cerah juga dapat memberi kesan luas.

8. Pastikan Kebutuhan Cahaya dan Ventilasi Cukup

Jangan sampai ruangan yang didesain sedemikian indahnya menjadi sesak dan gelap karena kurangnya pencahayaan dan sirkulasi udara. Jangan tutupi ventilasi dan jendela dengan furniture besar seperti lemari, karena ruangan bisa menjadi kurang nyaman.

9. Gunakan Gudang atau Ruang Penyimpanan

Dengan menggunakan gudang untuk menyimpan barang-barang yang jarang dipakai, rumah akan menjadi lebih rapi. Penggunaan gudang juga akan membuat barang-barang menjadi tidak berantakan sehingga membuat tiap ruangan di rumah dengan desain minimalis lebih luas.

Sebenarnya bukan hanya rumah dengan desain minimalis saja yang perlu ditata dengan rapi namun, untuk setiap rumah perlu ditata dengan baik. Itu semua dilakukan untuk mengkondisikan rumah tersebut menjadi nyaman untuk ditinggali. Mendekorasi ulang rumah tiap beberapa bulan sekali juga bisa dilakukan untuk mengatasi kejenuhan. Dekorasi tidak harus mahal, bisa dilakukan dengan hanya memindah ataupun mengurang furniture yang ada diruang yang ingin diubah suasananya. Aktivitas mendesain interior dan mendekorasi rumah minimalis akan menjadi lebih mudah dan efektif jika sesuatunya sudah diperhitungkan / direncanakan dengan benar. Hasilnya juga dapat dinikmati tanpa harus terlalu sering dibenahi, sehingga sesuai untuk beristirahat di malam hari untuk menghadapi aktivitas dan tantangan di hari berikutnya.

 

Sumber : https://eminterior.com


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: