CALL/ SMS / WHATS APP :  0856-4700-0072 /  0895-3916-18898  |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

9 Tips Menata Rumah Kecil supaya Selalu Rapi

Posted : 10-08-19

Menata rumah kecil seringkali berarti kita harus pintar-pintar membagi fungsi ruang, apalagi jika jumlah ruangan yang ada cukup terbatas. Menata rumah kecil seringkali cukup sulit akibat banyaknya perabot.

Pemilihan warna dan pengaturan letak furnitur juga berpengaruh cukup besar dalam menata rumah kecil. Hal ini terkadang membuat kita frustasi, menata rumah menjadi hal yang menjengkelkan karena rumah tak kunjung rapi.

Buat kamu yang juga punya masalah dalam menata rumah kecil, yuk intip 9 tips menata rumah kecil supaya selalu rapi berikut ini. Dijamin deh, kamu dan keluarga bakal jadi lebih betah di rumah.

1. Simpan Barang pada Tempatnya

Menata Rumah Simpan Barang pada Tempatnyadekoruma.com

Menata rumah akan menjadi lebih sulit ketika banyak barang berserakan di mana-mana, terutama benda-benda berukuran kecil. Untuk mencegah hal ini, semua barang di rumahmu harus punya tempat penyimpanan yang tetap.

Selain lebih rapi, kamu juga tidak akan kesusahan mencari ketika membutuhkannya. Sediakan laci atau wadah, bahkan sebuah kabinet khusus pada tiap ruangan untuk benda-benda mudah hilang seperti kunci, gunting, atau uang receh.

Setelah digunakan, langsung kembalikan ke tempatnya. Berusahalah disiplin, sekali kamu meletakkannya sembarangan, berantakan segera dimulai. Akibatnya menata rumah jadi lebih melelahkan.

2. Rutin Membersihkan Rumah

Menata Rumah Membersihkan Rumahtqn.com

Cara apa yang paling efektif dalam menata rumah agar selalu rapi? Tips apapun tidak akan berguna jika kamu malas membersihkan rumah.Buatlah jadwal rutin dan giliran bersama anggota keluarga lainnya untuk menbersihkan rumah secara tuntas. Bersihkanlah rumah terutama dari kotoran dan debu minimal satu minggu sekali.

Membersihkan rumah bukan hanya menyapu dan mengepel, tetapi juga mengosongkan keranjang cucian, menyikat kamar mandi, menggunakan bahan pembersih kimia atau membersihkan rumah secara alami, dan mengelap perabotan. Jika rutin dilakukan, hal ini akan terasa ringan.

Jika kamu tinggal sendirian, usahakan bersihkan rumah pada pagi hari di akhir pekan. Hal ini bisa membuat kamu bebas melakukan kegiatan lain di sisa hari.

3. Pilih Perabot secara Bijak

Menata Rumah Pilih Perabot secara Bijakdekoruma.com

Jangan sampai salah memilih funitur! Memiliki banyak perabot pada rumah kecil sama saja dengan menambah pekerjaan saat menata rumah. Maka kamu harus bijak memilih perabot apa saja yang benar-benar dibutuhkan supaya menata rumah jadi lebih efektif.

Pilihlah perabot dan furnitur multifungsi meski berukuran besar. Pilih lemari dengan banyak ruang sehingga semua barangmu bisa masuk dan tidak tercecer di luar lemari.

Hindari penggunaan ornamen tebal atau bulat, karena akan membuat perabot tampak berat. Selaraskan warna perabot dengan tembok ruangan. Terlalu banyak warna dalam satu ruangan akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

4. Menata Furnitur dalam Ruangan

Menata rumah secara tegas juga berarti meletakkan furnitur pada posisi terbaik, agar ruangan tetap rapi sekaligus terasa lapang. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan berikut ini:

Menata Rumah Furnitur dalam Ruangandekoruma.com

Pada ruang tamu, letakkan sofa merapat pada dinding agar tidak ada penghamburan ruang. Pilihlah meja kaca memanjang di hadapan sofa supaya penggunaan ruang lebih efisien. Jangan tempatkan sofa atau kursi terlalu banyak atau terletak terpisah-pisah dalam ruangan. Letakkan berdempetan dan memanjang, bisa diduduki lebih banyak orang dan efisiensi ruang.

5. Minimalisir Sekat

Menyekat ruangan dalam menata rumah mungkin akan membuat fugsi ruang jadi lebih jelas. Namun hal ini bisa membuat ruangan jadi lebih sempit karena harus mengalokasikan ruang untuk pembatas.

Menata Rumah Jangan Sekat Ruanganthecoolist.com

Ketika menata rumah, biarkan saja ruangan-ruangan tampak mengalir sehingga pandangan jadi lebih lapang. Kamu dapat menghilangkan sekat ruang keluarga dan ruang makan misalnya, atau ruang makan dan dapur.

Dalam menata rumah, untuk membedakan dua ruangan tanpa sekat kamu bisa menggunakan warna lantai atau karpet yang berbeda. Hal ini secara sederhana dapat diartikan sebagai pembatas. Kamu pun dapat leluasa menata rumah dan memadupadankan konsep antar ruangan sehingga, secara keseluruhan, rumahmu tampak memiliki konsep yang utuh dan jelas.

6. Memasang Wallpaper

Tak dipungkiri dinding adalah salah satu elemen penting dalam menata rumah. Warna dinding dapat memengaruhi konsep dan keindahan ruangan ketika menata rumah.

Dalam menata rumah kecil, pilihlah warna-warna netral atau terang seperti putih, biru, hijau, atau kuning agar ruangan tampak lebih lapang. Warna-warna gelap tidak direkomendasikan karena cenderung membuat ruangan terasa sempit.

Menata Rumah Memasang Wallpaperpinterest.com

Sebaiknya sesuaikan warna cat dengan warna furnitur pada ruangan. Hal ini karena lebih mudah mencari warna cat dinding ketimbang warna furnitur. Agar dinding ruangan tidak mudah kotor, kamu bisa menggunakan cat waterproof.

Selain memilih warna cat dinding, kamu juga dapat menata rumah dalam memperindah ruangan dengan menggunakan wallpaper. Coraknya yang beraneka ragam akan membuat dinding rumahmu akan terlihat lebih cantik dan rapi.

7. Menata Rumah dengan Membuat Ruangan Multifungsi

Menata rumah kecil dengan sedikit ruang dapat disiasati dengan membuat sebuah ruangan memiliki beberapa fungsi. Tentu saja menata rumah seperti ini akan menghemat ruang dan membuat rumah terasa lebih lapang.

Menata Rumah dengan Membuat Ruangan Multifungsipinterest.com

Contohnya saja kamu bisa menggabungkan dapur dan ruang makan dalam satu ruangan, atau menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga. Menata rumah seperti ini juga memudahkanmu dalam membereskan perabotan. Manfaat lainnya dalam penyatuan ruang ini adalah kamu dapat menghindar dari terantuk furnitur. Penggunaan furnitur pun jadi lebih optimal.

8. Sirkulasi Udara Menata Rumah Kecil

Menata Rumah Sirkulasi Udararilane.com

Meski kamu menata rumah dengan rapi dan indah, tentu saja belum sempurna jika rumah masih terasa lembab. Dalam menata rumah, sirkulasi udara menjadi salah satu hal yang utama. Jangan sampai rumahmu cantik tapi kurang sehat.

Buka jendela setiap pagi agar cahaya matahari dan pergantian udara dapat masuk ke dalam rumah dengan lancar. Dalam menata rumah kecil, sebaiknya pasanglah pintu dan jendela yang besar, bukan beberapa jendela kecil plus model jendela kecil yang pas agar rumah terasa lebih lenggang.

Jendela dan pintu geser yang terbuat dari kaca bisa diaplikasikan dalam menata rumah kecil. Selain pencahayaan alami leluasa menerobos ke dalam rumah, kamu pun mendapatkan pemandangan luar yang luas.

9. Memilih Ornamen dalam Menata Rumah Kecil

Memilih Ornamen dalam Menata Rumah Kecildekoruma.com

Dalam menata rumah supaya rapi dan enak dipandang, rasanya ada yang kurang jika tidak melibatkan ornamen ruangan. Asal tahu triknya, memasang ornamen dalam menata rumah justru akan membuat ruangan tampak eye-catching.

Jika kamu punya ornamen etnik yang menarik, coba taruh di dinding atau rak ruang tamumu. Ornamen ini akan membuat mata tidak sempat melihat kecilnya ruangan.

Pilihlah ornamen yang tidak terlalu besar juga tidak terlalu banyak. Gunakan ornamen cukup sebagai aksen ruangan. Pilihlah warna ornamen yang kontras dengan dinding ruangan agar keberadaannya bisa menonjol.


Menata rumah kecil agar selalu rapi ternyata tidak sulit bukan? Dengan kecerdasan dan kedisiplinan, menata rumah kecil bisa menjadi hal yang menyenangkan. Bukan hanya rapi, tapi rumah kecilmu pun akan selalu bersih dan terawat!

 
article_cicilan_0_percent
 
 

Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: