CALL/ SMS / WHATS APP : 0856 - 4700 - 0072 / 0811 - 2691 - 103 / 0819 - 3172 - 6093  |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Trik Cara Membuat Kolam Ikan yang Nggak Sulit

Posted : 13-12-18

Hobi memelihara ikan terbukti memberikan dampak positif bagi pemiliknya. Di antaranya adalah menghilangkan stres, mengurangi depresi, melatih tanggung jawab, mempercantik rumah, hingga membawa keberuntungan. Bagi yang ingin memelihara ikan besar atau dalam jumlah banyak, akuarium saja tentu tidak akan cukup sehingga kamu perlu tahu cara membuat kolam ikan.

  1. Cara membuat kolam ikan langkah pertama: memilih lokasi

Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah memilih lokasi dari kolam ikan yang akan dibuat. Biasanya kolam ikan ditempatkan pada area taman depan, taman belakang, atau bahkan di dalam rumah. Pada cara membuat kolam ikan tahap ini, sesuaikan dengan arus lalu lalang seluruh penghuni rumah. Pastikan lokasinya tidak mengganggu kegiatan sehari-hari.

Jika kolam ikan ini ditujukan sebagai elemen hiasan rumah, pilihlah lokasi yang mudah terlihat oleh tamu. Jika kamu percaya terhadap ilmu feng shui, cari tahu lokasi kolam ikan yang tepat supaya tidak menghalangi masuknya rejeki bagi penghuni rumah.

  1. Memilih bentuk dan ukuran kolam

Cara membuat kolam ikan berikutnya adalah memilih bentuk dan ukuran kolam. Untuk ukuran kolam, kamu bisa menyesuaikannya dengan ukuran ikan dan lahan yang tersedia. Sedangkan bentuk kolam tidak selamanya harus bulat atau persegi. Ada banyak bentuk yang bisa digunakan misalnya saja meliuk bagaikan bentuk sungai, abstrak, segi enam, dan sebagainya. Untuk ikan tertentu seperti ikan koi, bentuk kolam harus dibuat berundak dan memiliki air terjun buatan.

  1. Memilih material

Pemilihan material untuk kolam juga memegang peranan penting dalam cara membuat kolam ikan. Umumnya material yang digunakan adalah batu alam dan keramik. Batu alam cocok untuk kolam ikan bergaya natural maupun minimalis.

Saat ini batu alam dijual dalam bentuk potongan bahkan sudah ada yang berpola sehingga lebih mudah dipasang. Hanya saja, kamu perlu melapisi batu alam ini dengan coating khusus agar tidak mudah ditumbuhi lumut yang bisa merusak di kemudian hari.

Sedangkan keramik cocok untuk kolam ikan bergaya minimalis dan modern. Pemilihan keramik warna cerah akan membuat kolam ikan lebih menarik dan terlihat lebih lapang. Tapi, kamu harus rajin menguras air dan menyikat keramik tersebut supaya tidak terlihat kotor. Keramik warna gelap akan membuat kolam ikanmu lebih elegan.

  1. Mempersiapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam cara membuat kolam ikan ini tidak sulit didapatkan. Di antaranya adalah cangkul, meteran, waterpass, batu bata, semen, pasir, batu, cat waterproof, kuas, ember, dan sebagainya.

Alat dan bahan tadi digunakan untuk menggali tanah lokasi yang sudah ditetapkan. Setelah tergali, kamu bisa mulai membentuk lokasi tersebut menjadi kolam kemudian susunlah bata sebagai pondasi menggunakan campuran semen dan pasir.

  1. Mengatur sistem pengairan

Kolam ikan sudah jadi, tapi belum sempurna jika belum ada airnya. Cara membuat kolam ikan tidak sebatas membentuk kolamnya saja, tapi juga mengatur sistem pengairan yang baik supaya ikan merasa nyaman. Untuk beberapa jenis ikan, kamu perlu membuatkan sistem pengairan yang mengalir terus-menerus menggunakan pompa dan filter untuk menahan kotoran

Cara membuat kolam ikan dengan sistem pengairan ini bisa kamu akali dengan menghadirkan air terjun mini, guci air, air mancur, hingga potongan bambu.

 

https://www.dekoruma.com/artikel/76366/cara-membuat-kolam-ikan

 


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: