CALL/ SMS / WHATS APP : 0812-2955-547 / 0856 - 4700 - 0072   |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Menata Rumah Mungil

Posted : 12-12-18

Efisiensi ruang dengan menggunakan perabot compact

Dikutip dari dekoruma, perabot adalah faktor yang bisa membuat ruangan menjadi sempit, kecil dan sesak pada rumah mungil. Memilih perabot-perabot compact yang berfungsi ganda sangatlah membantu untuk mengatasi permasalahan tidak mempunyai tempat penyimpanan barang yang cukup. Anda dapat berkreasi dengan membuat desain furniture anda agar dapat dibuat multi fungsi peruntukannya. Sebagai contoh adalah:

  • Pada tempat tidur dapat dibuat semacam lemari tambahan dibagian bawahnya sebagai tempat penyimpanan selimut, bed cover dan sebagainya.
  • Dibagian atas lemari pakaian, dapat dibuatkan semacam rak atau ruang tambahan sebagai tempat penyimpanan koper atau travelling bag.
  • Jika anda membutuhkan tempat penyimpanan sepatu, pakailah salah satu sudut yang tidak terlalu terlihat untuk dapat dibangun semacam rak ataupun lemari tipis dengan hiasan cermin agar terlihat lebih indah bentuknya.
  • Kursi atau sofa yang bagian bawahnya bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang, untuk mengurangi penggunaan lemari.
  1. Fitur lipat untuk menghemat ruang

Furnitur lipat yang sedikit digunakan tapi fitur sangat fungsional. Jika apartemen Anda tipe studio, dengan hanya satu ruangan, Anda bisa memiliki sofa, meja kopi, area TV, kantor, rak buku, tempat tidur dan laci. Pada malam hari, sofa menghilang dan tempat tidurnya muncul di tempat terbuka.

 

  1. Penggunaan rak dinding

Untuk mengatasi keterbatasan ruang, daripada menggunakan lemari atau buffet, rak dinding adalah solusinya. Buku, pernak-pernik bisa ditata secara rapi di rak dinding tersebut. Rak dinding juga bisa ditambah dengan paku-paku pengait sebagai tempat menggantung aksesoris seperti gelang, kalung, tas, ikat pinggang,dll.

 

  1. Partisi untuk membagi ruang atau gorden untuk memisahkan ruang

Pilihan yang baik untuk memisahkan aktivitas di dalam rumah adalah melibatkan integrasi struktur vertikal ringan yang memisahkan ruang secara virtual atau material tanpa merampas ruang lantai. Solusi ini memiliki keuntungan karena bisa menciptakan dua lingkungan yang berbeda – satu di setiap sisi partisi.

 

Alih-alih menggunakan partisi tetap – dari kayu, baja atau bahan padat lainnya – Anda bisa menggunakan gorden. Carilah kain bagus dengan cetakan yang indah dan pilih gaya yang paling sesuai dengan ruang Anda. Jika Anda ingin tirai membuat privasi, pilihlah kain yang lebih berat. Tetapi jika Anda hanya ingin mendekorasi dan memisahkan ruang secara virtual, kain ringan paling banyak ditunjukkan.

 

oleh: Restu Dwi Puji A

 

Dalam desain Arsitektur moderen di jaman ini, hampir tidak ada lagi perancang yang menggunakan sistim sekat masif pada ruangan yang kecil. Selain akan semakin membatasi ruang gerak yang sudah sempit, dinding sebagai pembatas ruangan juga dapat dikatakan sangat ketinggalan jaman. Sekat ruangan dapat digantikan dengan bentuk elemen lain yang dapat berfungsi sebagai bagian dari interior ruang. Contohnya:

  • Pembatas berbahan kayu, anyaman ataupun bambu yang sekaligus dapat berfungsi sebagai hiasan pot bunga.
  • Gunakan karpet dengan perbedaan warna untuk membedakan fungsi masing-masing ruangan.
  • Perbedaan ketinggian lantai ataupun ceiling, juga dapat digunakan sebagai solusi untuk membedakan fungsi ruangan.

 

  1. Manfaatkan sudut ruang

Setiap ruang kosong – baik itu di bawah tangga, di bagian atas dapur dan sudut ruangan dapat dimanfaatkan untuk menaruh perabotan yang fungsional, contohnya seperti sudut kerja, sudut bar atau bahkan rak multifungsi untuk memaksimalkan kegunaan di dalam rumah.

 

  1. Penggunaan kitchen set yang efektif dan tidak memakan banyak ruang

Penggunaan kitchen set yang

Ruangan seperti dapur dan ruang makan adalah salah satu contoh ruangan yang bisa kamu gabungkan di rumah mungil milikmu. Kedua ruang ini bahkan bisa kamu gabungkan dengan ruang keluarga, menjadikannya satu ruang luas dengan fungsi berbeda.

 

  1. Permanis rumah dengan adanya taman

Ingin menimbulkan kesan sejuk dan asri di rumah, taman adalah jawabannya. Tapi jangan khawatir apabila rumahnya mungil, masih bisa disiasati dengan vertical garden. Dengan begitu rumah akan sejuk, cantik dan yang penting tidak memakan ruang banyak. Vertical garden akan memberikan kesegaran dan menghadirkan sentuhan alam dan warna cantik dirumah.


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: