CALL/ SMS / WHATS APP : 0812-2955-547 / 0856 - 4700 - 0072   |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Alternatif Pagar Rumah Dengan Tanaman

Posted : 25-11-15

Anda termasuk orang yang ingin membuat rumah dengan bertemakan alam? Salah satu cara yang dapat kita lakukan salah satunya adalah membuat pagar menjadi hijau dengan tanaman. Beberapa tanaman dapat digunakan untuk dijadikan sebagai pagar supaya lebih indah dan sejuk. Berikut beberapa tanaman yang dapat dijadikan pagar untuk rumah Anda.

Mempunyai impian membuat rumah yang bertema “alam” biasanya sering diterjemahkan sebagai rumah yang memiliki banyak tanaman hijau. Padahal, tak semestinya demikian, karena dengan lahan terbatas, mengapa tak membuat tanaman di rumah yang memiliki fungsi ganda? Yaitu dengan menambahkan tanaman yang cocok untuk di pagar .

Dengan Lahan yang kecil/minimalis, untuk mengakali keterbatasan lahan tersebut, kita dapat melakukan “penghijauan” pada pagar rumah. Namun, tahukah Anda? Tak semua tanaman cocok untuk dijadikan pagar tanaman. Berikut ini tujuh tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk menghias pagar, bahkan bisa dijadikan pagar rumah.

1. Pohon Bambu

1.  Pohon bambu

(Gambar 1. Pohon Bambu | Foto: bamboo)

Bambu yang menjadi salah satu tanaman serba guna ini dapat Anda temukan dengan mudah. Selain itu pula, bambu dapat ditanam sebagai tanaman di dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan minim, bahkan tanpa tanah sekalipun. Dengan varietas bambu yang lebih besar dapat Anda gunakan sebagai pagar yang kuat.

2. Pakis

5. Pakis

(Gambar 2. Pakis | Foto: Fern)

Semakin banyak tanaman pakis, semakin banyak pula dedaunan yang menutup rumah Anda. Jika Anda tertarik dengan tanaman jenis ini, pilih saja pakis Boston untuk ditanam di atas pagar beton. Hal tersebut akan memberikan sentuhan hijau bagi rumah Anda.

3. Clementis

6. Clementis

(Gambar 3. Clementis | Foto: ashtonfam)

Anda tertarik untuk memberikan sedikit warna pada pagar?, Anda bisa mencoba menanam Clementis. Buatlah pagar kayu dan biarkanlah tanaman ini merambat bersama bunganya yang keungunan.

4. English Ivy

3. English Ivy

(Gambar 4. English Ivy | Foto: stewardship)

English Ivy ini seringkali ditemui di tembok kastil-kastil, dan tumbunhnya pun sangat cepat bahkan mampu menutupi seluruh pagar kastil. Namun, tanaman ini cukup sulit ditemukan di Indonesia. English Ivy ini kerap disebut-sebut sebagai tanaman yang baik untuk penderita asma dan orang-orang yang memiliki alergi debu.

5. Japanese Holly

2.  Japanese Holly

(Gambar 5. Japanese Holly | Foto: sky_pencil)

Tanaman ini mempunyai karakteristik yang cocok untuk menjadi pagar rumah. Japanese Holly ini memiliki batang berduri dan cukup tinggi.

Masih banyak lagi tanaman yang dapat Anda gunakan untuk dijadikan pagar atau untuk menghias pagar lainnya. Seperti tanaman rambat lainnya :

Tanaman Sirih Merah, Morning Glory, Mandevilla Sanderi, dan sebagainya..

 

( Sumber : www.ideaonline.co.id )


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: