CALL/ SMS / WHATS APP : 0812-2955-547 / 0856 - 4700 - 0072   |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

12 Trik Memilih Walpaper Dinding Rumah

Posted : 10-12-18

Dinding rumah adalah salah satu objek yang paling jelas terlihat di dalam satu ruangan. Oleh karena itu, dinding rumah harus tampil cantik. Ada yang mengecatnya dengan cat tembok dengan warna kalem, ada yang membiarkan dinding batu bata terekspos tanpa diaci, ada juga yang tidak mau repot sehingga melapisinya dengan wallpaper dinding rumah.

Wallpaper dinding rumah memang memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah wallpaper tidak memiliki kandungan kimia sebanyak cat dinding sehingga aman bagi kesehatan. Selain itu, warna dan motif wallpaper sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan penghuni. Daya tahannya pun cukup lama dan ketika dilepas tidak akan merusak dinding rumah.

berikut 12 tips buat memilih wallpaper rumah

1. Menyesuaikan wallpaper dinding rumah dengan karakter penghuni

Ada beberapa hal yang mempengaruhi pemilihan warna dan motif wallpaper dinding rumah sesuai dengan karakter penghuni, seperti halnya dekorasi ruang tamu yang mencerminkan kepribadian. Misalnya saja warna kesukaan atau warna keberuntungan. Untuk ruangan yang digunakan bersama seperti ruang makan dan ruang keluarga, sebaiknya gunakan wallpaper dinding rumah berwarna netral atau yang sudah disepakati bersama.

 

2. Wallpaper dinding rumah dengan plafon tinggi dan sempit

Bagaimana jika ruangan di rumah memiliki plafon yang tinggi namun ukurannya sempit? Kamu bisa menggunakan wallpaper dinding rumah dengan motif horisontal atau mendatar dan tidak terlalu ramai. Misalnya saja motif garis-garis mendatar atau motif bunga-bunga yang tidak terlalu rapat.

Motif wallpaper yang terlalu ramai akan membuat ruangan terlihat semakin sempit. Pemilihan warna juga bisa mempengaruhi efek ilusi. Oleh karena itu, pilihlah warna wallpaper dinding rumah yang lebih terang dari warna langit-langit.

3. Wall covering berwarna cerah

Jika tadi Kania sudah membahas wallpaper dinding rumah untuk ruangan yang berplafon tinggi dan sempit, kali ini yang akan dibahas adalah ruangan sempit. Untuk menciptakan efek ilusi ruangan yang lebih luas, gunakanlah wallpaper berwarna terang seperti putih, kuning, atau biru muda. Hindari menggunakan wallpaper yang memiliki motif terlalu ramai.

4. Wallpaper dinding untuk rumah dengan ruangan lapang

Ruangan yang berukuran luas pada dasarnya cocok menggunakan berbagai macam wallpaper dinding rumah. Bagi penghuni rumah yang malas menata interior sebuah ruangan dan menambahkan dekorasi, pilihlah wallpaper dinding rumah dengan warna yang gelap seperti cokelat tua, biru tua, atau ungu. Dengan demikian, ruangan tidak akan terlihat terlalu kosong serta terasa lebih nyaman dan hangat. Untuk motifnya, kamu bisa memilih motif abstrak yang berukuran besar agar seimbang dengan luas ruangan. Bisa juga memilih wallpaper dengan gambar panorama.

5. Wallpaper dinding rumah bergaya vintage

Ruangan bergaya vintage identik dengan kelembutan. Untuk menghias interior dengan desain vintage, kamu perlu menggunakan wallpaper dinding rumah dengan motif bunga-bunga khas vintage yang mudah ditemui di pasaran. Untuk warnanya, gunakanlah warna khas vintage seperti hijau telur asin, pink mudah, krem, dan biru muda.

6. Wallpaper dinding rumah bergaya Skandinavia

Ruangan bergaya skandinavia memiliki ciri khas berupa nuansa natural. Material yang mendominasi ruangan adalah kayu. Bagi kamu yang tidak ingin menggunakan material kayu sungguhan karena membutuhkan perawatan khusus, gantilah material kayu menggunakan wallpaper dinding rumah bermotif kayu. Agar tidak terlihat berlebihan, gunakan wallpaper pada satu bidang dinding saja.

7. Wallpaper pada ruangan bergaya Victorian

Ruangan bergaya Victorian identik dengan kemewahan dan hiasan berupa ukiran yang rumit. Untuk ruangan ini, motif wallpaper dinding rumah yang tepat adalah motif ukiran abstrak rumit. Sedangkan warna yang paling cocok adalah latar belakang berwarna ungu, merah, atau putih dengan aksen berwarna emas atau silver untuk kesan yang mewah.

8. Memilih wallpaper dinding rumah sesuai jenis ruangan

Dalam satu rumah ada berbagai macam ruangan. Ada ruangan yang sifatnya formal seperti ruang tamu dan ruang makan. Ruang formal ini akan cocok jika menggunakan warna akromatik seperti hitam, putih, atau abu-abu. Untuk dekorasi ruang bermain anak, gunakanlah wallpaper dinding rumah yang berwarna cerah dan bermotif menarik seperti binatang-binatang, buah-buahan, atau benda langit.

Saat anak sudah beranjak dewasa, kamu bisa melepas wallpaper atau menggantinya sesuai kepribadian si kecil. Untuk ruangan yang sifatnya santai seperti kamar tidur dan ruang keluarga, gunakan wallpaper dengan warna lembut seperti krem dan biru muda.

9. Wallpaper dinding rumah untuk ruangan beratap rendah

Ruangan dengan atap rendah akan menciptakan suasana yang sumpek. Untuk menyiasatinya, kamu harus menggunakan wallpaper dinding rumah yang memiliki motif vertikal atau berdiri tegak. Misalnya motif garis-garis vertikal, motif pohon, dan motif abstrak yang bentuknya memanjang ke atas. Dengan demikian, ruangan yang beratap rendah akan terlihat lebih tinggi. Warna wallpaper juga perlu diperhatikan. Pilihlah warna wallpaper atau wall covering yang lebih tua dari warna langit-langit ruangan.

 

10. Menyesuaikan wallpaper dengan furnitur di dalam ruangan

Harmonisasi wallpaper dinding rumah dan furnitur di dalam ruangan juga perlu dipertimbangkan. Jika furnitur yang ada memiliki motif ramai, sebaiknya gunakan wallpaper bermotif sederhana atau polos dengan warna netral. Jika furnitur yang digunakan bergaya minimalis tanpa motif, kamu bisa menggunakan wallpaper dinding rumah yang bermotif dan berwarna mencolok.

11. Memilih wallpaper dinding rumah untuk kamar mandi

Penggunaan wallpaper dinding rumah tidak hanya untuk area kering saja, area basah seperti kamar mandi pun bisa menggunakannya. Hanya saja untuk kamar mandi, kamu perlu menggunakan wallpaper yang tahan kelembapan dan anti air seperti bahan vinyl. Pilihlah motif bernuansa alam dengan warna lembut.

12.  Mempertimbangkan efek cahaya

Pencahayaan yang ada di suatu ruangan juga bisa mempengaruhi pemilihan wallpaper dinding rumah. Untuk ruangan yang tidak mendapatkan banyak cahaya, pilihlah wallpaper berwarna terang. Untuk kamar tidur yang pencahayaannya lembut dan hangat, tidak masalah menggunakan wallpaper berwarna terang. Beberapa warna yang cocok untuk kamar tidur dengan pencahayaan lampu yang hangat adalah kuning, oranye, kuning gading, dan emas.

 

https://www.dekoruma.com/artikel/63211/tips-memilih-wallpaper-dinding-rumah


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: