CALL/ SMS / WHATS APP :0882- 2726 - 2126/ 0856 - 4700 - 0072   |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Membangun Rumah yang Luas dan Mewah di Lahan Sempit Bisa Diwujudkan Lewat 5 Tips Ini

Posted : 22-11-18

Siapa sih yang gak ingin punya rumah luas dan mewah? Sayangnya, saat ini keinginan tersebut masih sering diidentikkan dengan lahan yang luas dengan harga yang relatif mahal. Lalu, apakah dengan lahan dan budget yang minim mimpi untuk memiliki rumah yang kita diidamkan tersebut dapat terwujud? Jangan khawatir, melalui 5 tips ini kamu tetap bisa membangun hunianmu dengan terlihat luas dan mewah, meski lahan dan budget yang kamu miliki bisa dibilang terbatas. Penasaran?

  1. Bangun Rumah dengan Konsep Splow

 

Splow House, merupakan rumah hasil rancangan beberapa arsitektur muda asal Indonesia, diantaranya Muhammad Egha, Hezby Ryandi, Sunjaya Askaria, dan Fahmy Desrizal. Desain rumah ini juga sudah mendapatkan penghargaan dari Architizer A+ Awards 2017, lho! Kata splow sendiri merupakan singkatan dari Split Grow House hasil rancangan mereka pada tahun 2015 untuk hunian dengan luas 6 m x 15 m yang terletak di Tebet, Jakarta Selatan. Rumah dengan konsep memisahkan dan membagi (split) lantai ini, cocok untuk kamu yang menginginkan rumah dengan ruang banyak dan terlihat luas, dengan lahan yang terbatas.

 

  1. Manipulasi Lantai Rumah

Dari luar, Splow House terlihat seperti bangunan rumah yang hanya memiliki 2 lantai. Padahal sebenarnya rumah ini terdiri dari 3 lantai, lho. Kesan ini disebabkan oleh konsep pembagian lantai rumah, dengan membuat atap yang rendah (seperti mezanin) di tiap lantai hunian. Jadi setiap lantai rumah dengan konsep splow, dihitung sebagai setengah lantai agar bisa memanipulasi tingkatan lantai dalam rumah. So, meski hanya memiliki tanah yang tidak terlalu luas, kamu tetap bisa memiliki banyak ruang seperti kamar utama, kamar tidur, dapur, ruang makan, ruang tamu, kamar mandi, hingga ruang cuci.

 

  1. Maksimalkan Pencahayaan Ruang

architizer.com

 

Setiap area kosong yang terdapat dalam rumah ini, digunakan sebagai sumber aliran udara dan cahaya secara alami. Dengan begitu, rumah akan terlihat lebih luas dan memiliki pencahayaan yang alami. Kamu juga bisa memaksimalkan pencahayaan dalam ruangan, dengan memilih cat berwarna terang, atau putih pada dinding rumah, memilih furniture dengan desain lightwood dan menggunakan lantai keramik dengan warna yang senada dengan furniture. Rumahmu pun akan terkesan lapang, deh.

 

  1. Minimalisasi Penggunaan Furniture

 

Tak hanya pemilihan warna, furniture juga penting, lho, untuk memberi kesan luas dan mewah pada rumah. Hindari memilih furniture berukuran besar yang justru akan membuat rumah terlihat sesak dan sempit. Pilih furniture yang desainnya fungsional, seperti meja makan lipat, tangga yang bisa ditarik, atau rak penyimpanan yang bisa dipasang dengan memanfaatkan bagian kosong pada bawah tangga. Dengan begitu, rumah tidak akan terlihat sempit karena furniture yang terlalu banyak.

 

  1. Manfaatkan Ruang Terbuka

 

Meski dengan lahan yang tidak luas, kamu tetap bisa memiliki lahan terbuka yang bisa dimanfaatkan sebagai carport atau taman, lho. Dengan adanya ruang terbuka inilah, rumah hunianmu akan memiliki udara yang sejuk yang akan membuat pikiranmu jadi fresh kembali dari penatnya rutinitas sehari-hari. Ssst… ruang terbuka ini juga bisa diaplikasikan di kamar mandi yang terhubung dengan kamar utama, lho.

Jadi, apakah kamu siap mengubah rumah mungilmu dengan budget yang terbatas menjadi terlihat lebih luas dan mewah?

 

Sumber: https://www.rimma.co/60199/inspiration/meski-minim-lahan-dan-budget-ini-cara-agar-rumah-tetap-terlihat-luas-dan-mewah-seperti-yang-kamu-idamkan/


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: