CALL/ SMS / WHATS APP : 0812-2955-547 / 0856 - 4700 - 0072   |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Penyegar Ruangan dari Bahan Alami

Posted : 02-07-18

Untuk membuat ruangan jadi beraroma harum dan segar, orang terbiasa menggunakan produk pengharum dalam bentuk gel, semprotan aerosol atau kapur barus. Namun pengharum ruangan sintetis bisa menimbulkan gangguan pernapasan apabila digunakan terus menerus dalam jangka waktu lama. Belum lagi jika ada anggota keluarga yang alergi terhadap pengharum sintetis. Penyegar ruangan berbahan organik dan anti alergi bisa jadi solusinya, tapi harganya tidaklah murah. Sebagai alternatif, kenapa tidak memanfaatkan saja bahan-bahan dapur dan perabotan rumah?

Ya, Anda bisa membuat pengharum ruangan sendiri yang terbuat dari bahan alami. Perlengkapan dan bahannya pun mudah didapat dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Ini beberapa pengharum ruangan dengan bahan alami dari baking soda sampai biji kopi, seperti dikutip dari India Times.

 

1. Baking Soda

Bubuk serbaguna ini bisa membantu menghilangkan berbagai aroma tak sedap di dalam rumah. Baking soda akan lebih efektif untuk menyingkirkan bau yang disebabkan karena zat asam, misalnya urin hewan peliharaan atau keringat. Untuk menghilangkan lembab sekaligus bau pada kain, karpet atau kain pelapis, taburkan baking soda di area yang terkena urin atau keringat dan diamkan semalaman. Pagi harinya, bersihkan dengan penyedot debu. Selain karpet dan kain, baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu, kaos kaki atau baju yang berkeringat bekas olahraga.

 

2. Lemon

Buah dengan aroma segar ini efektif untuk menghilangkan bau bekas masakan pada dapur. Irislah dua buah lemon, lalu panggang di dalam oven selama satu jam. Setelah itu matikan, buka pintu oven selama beberapa saat dan biarkan aroma potongan lemon tersebut menyebar ke seluruh ruangan.

 

3. Rempah-rempah

Cukup dengan beberapa rempah-rempah dari dapur, Anda bisa membuat penyegar ruangan sendiri. Ambillah beberapa jenis rempah seperti biji pala, batang kayu manis dan cengkeh, juga kulit jeruk dan lemon. Taruh bahan-bahan tersebut ke dalam panci berisikan air bersih. Kemudian didihkan selama satu jam. Pastikan airnya cukup banyak selama waktu perebusan. Bersamaan dengan menguapnya air, campuran rempah dan kulit buah juga akan menebarkan aroma semerbak yang menyegarkan. Setelah satu jam, matikan kompor dan dinginkan, lalu masukkan air ke dalam botol spray dan semprotkan sebagai penyegar ruangan kapan pun Anda membutuhkan.

 

4. Buah dan Bunga Kering

Bunga rampai atau potpourri merupakan alternatif pengharum ruangan berbahan organik atau alami. Biasanya berisi bunga-bungaan eksotis, rempah dan buah yang dikeringkan lalu dibungkus dengan kain transparan berbahan tulle. Bahan-bahan potpourri yang dijual di toko umumnya berasal dari tanaman impor seperti lavender, rosemary, bergamot, ylang-ylang, yang tentu harganya cukup mahal. Tapi Anda bisa menciptakan potpourri sendiri dengan biaya yang lebih terjangkau. Potong tipis jeruk atau apel lalu panggang selama 1,5 jam hingga mengering. Setelah dingin, tambahkan batang kayu manis, cengkeh dan daun sereh lalu masukkan dalam wadah kedap udara. Diamkan selama 24 jam, potpourri buatan sendiri pun siap digunakan.

 

5. Kopi

Ada banyak cara dalam memanfaatkan kopi untuk mengharumkan ruangan maupun menghilangkan bau. Cara pertama, giling, seduh di dalam air mendidih atau panggang biji kopi di dalam oven. Aroma dari kopi akan menyerap bau menyengat yang tidak mengenakkan. Cara kedua untuk menghilangkan bau membandel, taruh biji kopi ke dalam mangkuk kecil lalu tempatkan di tiap sudut rumah. Tips terakhir, tempatkan biji kopi di dasar kantong sampah agar bau sampah tak terlalu menyebar.

 

Sumber: https://wolipop.detik.com


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: