CALL/ SMS / WHATS APP : 0856 - 4700 - 0072 / 0811 - 2691 - 103 / 0819 - 3172 - 6093  |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Menciptakan Rumah Sehat dan Nyaman

Posted : 11-06-18

Menciptakan Rumah Sehat dan Nyaman

 

Semua orang pasti ingin tinggal di rumah yang sehat dan nyaman. Rumah yang sehat dan nyaman tentunya dapat menunjang kesehahatan penghuninya juga. Menurut Departemen Kesehatan, setidaknya ada 5 faktor mengenai rumah sehat yakni: sirkulasi udara yang lancar, penerangan sinar yang memadai, air yang bersih, pembuangan limbah yang terkontrol, dan ruangan tidak tercemar.  Berikut tips menciptakan rumah yang sehat dan nyaman.

 

 

Jagalah agar Rumah Tetap Kering.

Kering yang dimaksud adalah dalam artian rumah memiliki sistem saluran air yang baik, tidak ada kebocoran maupun rembesan air. Rembesan air pada tembok maupun lantai tentunya akan dapat membuat rumah menjadi lembab. Rumah yang lembab tentunya akan mudah ditumbuhi jamur dan lumut serta akan dapat menjadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri. Hal itu tentunya dapat memicu gangguan kesehatan. Jagalah agar lingkungan tempat tinggal selalu kering.

 

Jagalah Selalu Kebersihan di Rumah.

Bersih pangkal Sehat, tentunya pepatah tersebut memang benar adanya. Agar rumah menjadi rumah yang nyaman dan sehat, jagalah selalu kebersihan rumah. Bersihkan rumah dan kelola limbah rumah tangga secara teratur. Dengan demikian akan dapat terhindar dari penyakit.

 

Cegah dari Kontaminasi Bahan Bangunan.

Pilihlah bahan bangunan yang bebas dari bahan-bahan berbahaya. Gunakan bahan bangunan yang kiranya tidak mengganggu kesehatan. Hindari bahan bangunan formaldehida untuk menghindari kontaminasi.

 

Perhatikan Keamanan Rumah.

Rumah hendaknya dibangun dengan bentuk, fungsi, dan peralatan yang aman bagi penghuni. Konsep ergonomis di setiap piranti hendaknya juga dipikirkan dengan matang. Sisi keamanan adalah faktor yang penting, demi menghindari terjadinya kecelakaan di dalam maupun di sekitar rumah.untukitu selalu cek kondisi rumah setiap saat.

 

Fikirkan Ventilasi untuk Pergantian Udara.

Manusia sudah pasti tidak bisa hidup tanpa oksigen. Agar tetap sehat dan nyaman perhatikan lubang ventilasi agar udara dalam rumah terutama di dalam ruangan dapat berganti. Udara yang bersih tentulah akan membawa kenyamanan dan kesehatan bagi penghuninya. Perhatikan saluran pergantian udara dalam rumah agar tetap sehat dan nyaman tinggal di dalam rumah.

 

Bebas dari Hewan Pengganggu

Penghuni hendaknya menjaga agar setiap sudut rumah bebas dari hewan pengganggu seperti tikus, kecoa, cicak, dll. Hewan-hewan ini selalu berusaha untuk mencari makanan dan sarang di dalam rumah sehingga harus benar-benar ekstra bekerja keras untuk mengenyahkannya.

 

Rumah yang Terawat

Rumah yang sehat adalah rumah yang setiap elemennya terawat dan terpelihara dengan baik. Rumah yang terawat bisa menunjukkan bahwa pemiliknya cinta kebersihan, begitupun sebaliknya.

 

 


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: