CALL/ SMS / WHATS APP : 0812-2955-547 / 0856 - 4700 - 0072   |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Benda di Rumah yang Harus Sering Diganti agar Terhindar dari Kuman

Posted : 08-05-18

Di sekitar kita tersebar berbagai jenis kuman, bakteri ataupun virus yang berbahaya bagi kesehatan. Kalau tidak rajin bersih-bersih, bukan tidak mungkin kuman tersebut akan mengganggu kesehatan.



Maka dari itu, kita perlu untuk membersihkan lingkungan sekitar, termasuk tempat tinggal. Menurut hasil riset dari Popular Science, bakteri E. Coli dapat hidup hingga seharian, sementara Calicivirus dapat hinggap hingga berminggu-minggu lamanya. Agar kuman tidak hinggap lama-lama, harus seberapa seringkah kita membersihkan perabot rumah?



Mengutip dari NBC News, Jason Tetro, seorang microbiologist di University of Guelph dan Becky Rapinchuk, penulis buku Simply Cleaned, membagikan pengetahuannya.

 

1. Ganti Sprei

Foto: thinkstock

 

Kita harus mengganti sprei setidaknya sekali seminggu, atau sekali dua minggu, agar bakteri yang menempel pada sprei tidak berpindah ke kulit yang apabila dibiarkan bisa menyebabkan jerawat dan ketombe, juga masalah kulit lainnya.



2. Bersihkan Wastafel

Foto: thinkstock


Walaupun terlihat bersih namun kita perlu membersihkan wastafel yang ada di dapur dan kamar mandi setiap hari. Karena bakteri dari makanan, misalnya E. Coli dan Salmonella dapat mengkontaminasi wastafel bahkan jika ada air yang mengenai tangan, tangan akan terkontaminasi. Maka dari itu kita harus mengelap wastafel setiap hari dengan cairan desinfektan setelah dipakai.



3. Membersihkan Karpet dan Mengepel Lantai

Foto: thinkstock


Kamu harus menyedot debu pada karpet sesering mungkin dalam seminggu apalagi jika memiliki binatang peliharaan, agar terhindar dari kotoran, debu dan alergi. Begitu juga dengan lantai. Apalagi di lantai dapur, di mana bakteri sisa makanan berjatuhan, lantai harus lebih sering dibersihkan.



4. Bersihkan Toilet

Foto: Australia Plus ABC


Karena toilet merupakan sarang berkumpulnya bakteri seperti E.Coli, sebaiknya diberi cairan desinfektan pada area wastafel dan kloset toilet minimal seminggu sekali.



5. Ganti Handuk

Foto: Thinkstock


Jika handuk belum sepenuhnya kering maka bakteri akan mudah tumbuh. Rapinchuk menyarankan agar mengganti handuk setiap dua hari sekali untuk dicuci. Tetro menyarankan agar kita mencuci handuk setiap minggu.



6. Rutin Ganti Spons Cuci Piring

Foto: thinkstock


Tetro merekomendasikan untuk merendam spons ke dalam air mendidih selama 2 menit, lalu taruh ke dalam microwave selama dua menit ketika sedikit basah. Kalau sudah jelek sebaiknya segera diganti.



7. Bersihkan Gagang Pintu

Foto: thinkstock

 

Walaupun gagang pintu pasti mengandung banyak bakteri, namun menurut Rapinchuk, itu tidak perlu dibersihkan berkala. Cukup berikan cairan desinfektan setidaknya seminggu sekali.

 

 

 

Sumber: https://wolipop.detik.com/read/2018/01/30/084052/3840264/858/7-benda-di-rumah-yang-harus-sering-sering-diganti-agar-terhindar-dari-kuman


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: