CALL/ SMS / WHATS APP : 0856 - 4700 - 0072 / 0811 - 2691 - 103 / 0819 - 3172 - 6093  |   arofa65@gmail.com / arofaarsitektur@gmail.com

Tips Menyiasati Hunian Mungil

Posted : 23-04-18

Di era sekarang ini, kebutuhan untuk tinggal di pusat kota adalah hal yang menjadi kebutuhan banyak orang. Kepadatan penduduk yang semakin meningkat menyebabkan lahan untuk membangun hunian menjadi terbatas. Tetapi Anda tidak usah khawatir, rumah yang mungil bisa disiasati agar dapat dihuni dengan nyaman. Berikut tipsnya!

Warnai dinding dalam hunian dengan warna-warna cerah dan sedikit pola

Secara psikologis, pola yang terlalu ramai dan warna gelap membuat ruangan terasa sempit. Warna cerah dan polos seperti putih, krem muda, kuning muda, memberi kesan ruangan yang lebih luas.

 


Foto: 
Lavande Residence ©Vindo Design

 

Mengoptimalkan penerangan dalam ruangan

Untuk menambah kesan luas dalam ruangan, masukkan banyak cahaya. Cahaya yang paling baik tentunya adalah cahaya matahari natural.

 


Foto: 
Madison Park Studio Apartment ©Flux Interior

 

Namun begitu, jika anda tidak dapat membuat jendela yang luas, desain lighting yang baik juga dapat mengoptimalkan kesan luas dalam ruangan mungil anda.


Foto: 
Gading Greenhill ©Studioku.Design.Asia

 

Gunakan furnitur build in

Furnitur build in atau furnitur yang disesuaikan dengan bentuk ruang akan lebih menghemat tempat dibandingkan menggunakan furnitur yang dibeli. Rancangan furnitur sebaiknya dibuat sesedarhana mungkin serta dibuat multifungsi, sehingga hunian tidak dipenuhi oleh banyak furnitur.

 


Foto: 
Studio-Woodland Park Kalibata ©Ranah Project

 

Furnitur untuk menyimpan barang (lemari atau kabinet) sebaiknya tertutup dan menggunakan warna senada/warna cerah lainnya yang sesuai dengan ruangan sehingga barang-barang tersimpan dengan rapi dan furnitur terlihat menyatu dengan ruangan.

 


Foto: 
OS Apartment ©Koerie Design

 

Memantulkan ruangan dengan cermin

Penggunaan cermin sudah lama dikenal sebagai cara untuk menyiasati ruangan sempit. Memasang cermin besar di satu sisi dinding dapat memberi kesan luas karena cermin memantulkan ruangan anda.

 


Foto: 
Casa Grande ©SVE Interior

 

Jika ruangan dipenuhi dengan furnitur seperti lemari atau kabinet, penggunaan cermin untuk memberi kesan luas bisa juga diaplikasikan pada penutup furnitur.

 


Foto: 
Grawisa Residence ©Lucid Interior

 

Demikianlah berbagai tips rancangan agar hunian mungil anda dapat lebih tertata dan terasa lega. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Sumber: https://blog.bluprin.com/tip-menyiasati-hunian-mungil


Bagikan :

*Nama :
*Email :
*Komentar :
*Captcha :
* Kode :

Komentar: